Penjelasan Dan Cara Menggunakan Wireshark






Wireshark adalah penganalisis paket gratis dan sumber terbuka. Perangkat ini digunakan untuk pemecahan masalah jaringan, analisis, perangkat lunak dan pengembangan protokol komunikasi, dan pendidikan. Awalnya bernama Ethereal, pada Mei 2006 proyek ini berganti nama menjadi Wireshark karena masalah merek dagang.

Wireshark juga biasa di gunakan oleh para hacker dan sysadmin network untuk memanatu jaringan yang mereka buat. Wireshark dapat di download di situs resmi nya www.wireshark.org/download.html.

Pada bahasan artikel kali ini saya akan memberikan review soal wireshark dan contoh penggunaannya di dalam jaringan. Anda dapar memasang aplikasi wireshark pada komputer anda berbasis Windows dan Linux OS.

 Di bawah ini adalah sedikit bahasan tutorial mengenai Wireshark.

1.  Buka Aplikasi wireshark yang anda telah install di komputer anda, Di sini saya menggunakan laptop dengan sistem operasi wireshark.



2. Pada saat wireshark telah terbuka anda bisa klik ethernet atau kartu grafis pada yang di pilih saya memilih wlan0 yaitu jaringan wifi.


3. Setelah anda memilih anda akan bisa memulai melakukan capture protocol dan memantau jaringan wifi, di sini anda bahkan dapat menemukan url dan password orang lain yang terhubung saru jaringan dengan anda.


4. Selesai di sini anda dapat melakukan sniffing pada jaringan komputer yang anda gunakan.


sekian sedikit penjelasan mengenai wireshark, jangan lupa untuk selalu berkunjung di lain waktu untuk berbagai informasi seputar jaringan dan komputer.

Terima Kasih


@



0 komentar:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Penjelasan Dan Cara Menggunakan Wireshark