Perintah-Perintah Nmap

Kali ini saya akan membagikan artikel berbagai perintah dasar nmap, nmap dapat di jalankan di linux dan di windows untuk anda yang ingin menjalankan nmap di windows silahkan download nmap versi windows di situs resminya, tema kali ini di antaranya, contoh perintah nmap, perintah nmap di linux, perintah nmap di kali linux, perintah nmap di windows, perintah nmap di ubuntu, perintah scan nmap, fungsi perintah nmap

Perlengkapan untuk belajar nmap :
1. Install aplikasi nmap bagi agan yang menggunakan Sistem Operasi ubuntu jalankan perintah install nmap, apt-get install nmap. Bagi agan yang menggunakan windows install nmap dengan mendownload terlebih dahulu file installer nya di nmap.org/download.html

2. Di sini kita sudah bisa melihat perintah nmap dengan mengetik nmap --help. Berikut saya  akan menuliskan perintah nmap beserta fungsi  nya.

Perintha -Perintah NMAP

Perintah Port Scanning
  • nmap scanme.nmap.org = pada perintah ini kita contohkan kita akan melakukan scanning port scanme.nmap.org , maka perintah nya adalah nmap scanme.nmap.org. Maka nmap akan otomatis melakukan scanning untuk segala port yang ada pada komputer atau end devices target, atau bisa juga web server, atau komputer server.
Perintah Melihat Versi Aplikasi Pada Host 
  • Version Detection adalah salah satu fitur yang paling populer dari Nmap, karena dengan fitur ini Nmap dapat mendeteksi versi aplikasi dari suatu sistem. Misalnya port 80 menggunakan aplikasi Apache versi 2.0, port 25 menggunakan SMTP versi 1.0, dab lain-lain. Fungsi ini sangat penting bagi seorang sysadmin yang ingin memantau jaringan mereka apakah terdapat perubahan yang tidak sah pada jaringan mereka. Berikut Perintahnya. 
  • nmap -sV scanme.nmap.org = pada perintah kali ini kita melakukan scanning (pemindaian) pada target scanme.nmap.org. 
Perintah Mencari Host Yang Aktif
  • Mencari host yang sedang aktif sering digunakan untuk menghitung ada berapa host yang mungkin dapat dijadikan target scanning. Host dapat berupa website, komputer, gadget, dan lain-lain. Teknik ini disebut sebagai Ping Scanning dan perintah untuk melakukan ping scanning sebagai berikut.
  • nmap -sP 192.168.0.1/24 = arti dari perintah ini adalah Nmap akan melakukan ping scanning pada 265 IP Address dari IP 192.168.0.0 hingga 192.168.0.255. Notasi "/24" merupakan notasi CIDR.
Perintah Ping scan Tcp SYN
  • Ping Scan digunakan untuk mendeteksi apakah terdapat host yang aktif pada jaringan. Ping scan menggunakan flag -sP yang mengirimkan paket TCP ACK dan ICMP echo request untuk menentukan apakah ada host yang merespons, tetapi bagaimana jika ada firewall yang memblokir permintaan ini? Akibatnya, kita tidak dapat mengetahui apakah terdapat host yang sedang aktif ataupun tidak. Untungnya nmap mendukung teknik scanning yang disebut dengan ping scan TCP SYN. berikut perintahnya.
  • nmap -sP -PS 192.168.2.1/24 = hasil dari perintah ini adalah nmap akan menampilkan host yang sedang aktif dan juga MAC Address pada jaringan. Flag -sP memberi perintah Nmap untuk melakukan ping scan yang berfungsi menemukan apakah ada host yang sedang online atau aktif pada jaringan.
Sekian untuk sementara saya hanya bisa memberikan perintah dan penjelasan Nmap sampai di sini dan di lain artikel saya akan memberikan beberapa NSE atau Nmap Script Engine saya akan meng-upload artikel NMAP lagi di lain waktu  terima kasih.



@



0 komentar:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Perintah-Perintah Nmap