Cara Install MikroTik OS Pada VirtualBox


Hai sobat jarnkom pada beberapa pembahasan artikel yang lain, kita masih membahas virtualbox dan juga MikroTik nah pada pembahasan kita kali ini kita akan belajar bagaimana cara menginstall Mikrotik OS pada VirtualBox, jika sebelumnya sudah kiata ketahui apa sih MikroTik itu dan juga VirtualBox  maka kali ini kita akan praktek untuk menginstall Mikrotik OS pada VirtualBox.

Langsung saja kita praktekkan yaa lihat dibawah ini gambar dan perhatikan keterangannya yaaaa...

Bahan - bahan yang harus anda siapkan untuk melakukan praktek ini :
1. pastikan anda memiliki komputer baik itu PC / laptop yang telah terinstall aplikasi virtualbox. (Download aplikasi virtualbox)
2. file iso image MikroTik OS.  Jika belum memilikinya anda bisa download terlebih dahulu disini

1. Pertama anda buka aplikasi VirtualBox yang terdapat di Laptop/PC anda, jika belum ada anda cukup install aplikasi virtualbox nya, baca cara install aplikasi virtualbox di laptop.



2. Setelah terbuka aplikasi virtualbox nya seperti pada gambar di atas yang dapat anda lihat. klik tombol Baru yang bergambar bulat berwarna biru di bagian atas, atau New dalam bahasa inggris. dan akan muncul kotak "Ciptakan Mesin Virtual". pada kolom "Nama, anda isikan nama yang ingin digunakan pada mesin virtual anda." Pada kotak kolom "Tipe, anda dapat isikan tipe Sistem Operasi yang akan di install pada virtual mesin anda", pada kotak kolom "Versi, anda dapat pilih versi dari Sistem Operasi yang anda gunakan". lihat gambar untuk lebih jelas pilihan yang saya gunakan kali ini untuk melakukan install MikroTik OS pada VirtualBox. Klik Lanjut untuk ketahap selanjutnya.



3. Selesai anda melakukan pengisian pada kotak Nama Dan Sistem Operasi anda akan di suruh untuk memilih Ukuran Memori, Geser panah yang menuju pada gambar penggarsi yang terlihat pada gambar tersebut untuk lebih mudah nya memilih ukuran kapasitas memori sesuai yang ingin kita gunakan. Peringatan untuk mengatur ukuran memori pastikan panah pada penggaris tidak mengarah atau berada pada garis warna merah pastikan tetap berada pada posisi hijau. Klik tombol Lanjut untuk ke tahap selanjutnya.



4. Pada tahap ini terdapat 3 pilihan bagi anda, pada langkah ini anda terdapat ukuran hard disk yang di sarankan untuk mesin virtual anda, bagi anda yang baru belajar atau baru membuat mesin virtual maka anda pilih pada pilihan yang tengah yaitu "Buat hard disk virtual sekarang". Untuk lebih jelasnya anda bisa baca artikel saya yang lain mengenai pembahasan hard disk virtual pada virtualbox. Klik Buat untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.




5. Pada langkah ini anda akan memilih "Tipe berkas hard disk", pada langkah ini anda dapat memilih salah satu dari ke 3 pilihan tipe hard disk yang biasanya atau sering kita akan gunakan adalah VDI (Virtualbox Disk Image) yang di mana pilihan ini akan membuat image disk virtual yang dapat di gunakan di virtualbox lain jika kita akan memindahkan image tersebut. Untuk penjelasan pada langkah ini anda dapat membaca fungsi dan macam-macamnya hard disk virtual pada artikel yang lain. Klik Lanjut  untuk ke tahap berikutnya.



6. Dilangkah terdapat kotak "Penyimpanan pada hard disk fisik". Pada kotak ini terdapat 2 pilihan pilihan pertama "Dialokasikan secra dinamik" masksudnya adalah pada sistem anda yang akan anda install nanti nya hard disk anda dapat bergerak kapasitas nya sehingga jika sistem membutuh kan ruang yang lebih besar pada hard disk maka akan secara otomatis hard disk virtual anda akan menyesuaikan pada sistem anda. Lalu pada pilihan ke 2 "Ukuran tetap", pada pilihan ini jika anda memilihnya maka hard disk anda tidak akan berubah ukuran walau sistem anda membutuhkan ukuran yang lebih sehingga berdampak pada sistem yang akan anda install sehingga menjadi lambat.


7. Pada langkah ini pada kotak "Lokasi dan ukuran berkas". anda dapat menyesuaikan ukuran hard disk dan juga menaruh file mesin installasi anda pada komputer anda di mana saja yang anda inginkan, terlihat pada gambar berkas jika anda klik gambar tersebut akan membuka kotak windows explorer dan anda dapat menyimpan file pada tempat yang ingin anda tentukan. Dibawah nya terdapat garis untu menentukan ukuran hard disk di sini tertulis 2,00 GB untuk installasi nya. Klik Buat maka anda akan selesai untuk membuat mesin virtual anda pada aplikasi virtualbox.



8. Pada langkah di ini lihat pada gambar di bawah anda telah memiliki sebuah mesin virtual baru, klik tombol Mulai untuk menjalankan mesin virtual baru anda tersebut.


9. Setelah anda klik Mulai  akan muncul kotak mesin virtual anda pada tahap ini kita sudah mulai menginstall sistem pada aplikasi virtualbox ini, klik tanda berkas tersebut maka akan muncul kotak windows explorer mini, dan cari file iso mikrotik os nya.


10. Pada langkah ini jika anda telah mencari dan memilih file iso anda klik open maka akan lanjutk ke tahap selanjutkan perhatikan gambar di bawah.



11. Lihat gamabr di bawah anda akan menuju sistem untuk melakukan installasi nya.



12. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini, ada beberapa perintah untuk pada saat anda pada proses ini. Tombol I ( Berfungsi Untuk install) tombol A (berfungsi untuk memilih semua nya) tombol Spasi ( berfungsi untuk memilih salah satu saja yang ingin dipilih), dalam praktek ini kita akan menggunakan semuanya klik tombol  pada keyboard lalu tekan tombol I untuk install. lanjut ke tahap selanjutnya.


13. Setelah anda tekan tombol A  dan I maka akan seperti pada gambar di bawah.



14. tekan tombol y dua kali


15. Tunggu proses installasi sampe selesai.


16. Setelah selesai maka akan muncul tampilan ENTER to reboot yang artinya anda tekan tombol ENTER untuk melakukan restart sistem.


17.  Jika telah selesai restart sistem akan kembali seperti gambwar di bawah ini, silahkan lanjutkan lihat gambar selanjutnya.


18. Pada langkah ini anda keluarkan mesin secara paksa dengan klik tanda X merah pada pojok kanan atas lalu pilih Matikan mesin dan klik OK.




19. Perhatikan gambar di bawah pilih tab Sistem lalu anda geser setting pada urutan boot pastikan posisi Hard Disk pada posisi paling atas dan dalam kondisi tercentang. 


20. Selesai anda dapat menggunakan MikroTik OS anda untuk praktet atau latihan dan belajar menggunakan VirtualBox untuk login anda ketik admin, dan password kosong atau langsung tekan ENTER.


Selesai anda menginstall MikroTik OS anda dapat melanjutkan baca artikel untuk berbagai tutorial melakukan setting MikroTik OS dengan menggunakan Winbox ataupun menggunakan Terminal

Ok selesai juga proses installasi MikroTik OS pada aplikasi VirtualBox, baca juga artikel yang lain yaa ada banyak masih yang berhubungan dengan artikel ini lhooo....



DOWNLOAD VIRTUALBOX

DOWNLOAD WINBOX

DOWNLOAD MIKROTIKOS


@



0 komentar:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Cara Install MikroTik OS Pada VirtualBox