Kategori Jaringan



Pada Pembahasan di artikel yang lain telah di ketahui Model Jaringan, sedangkan pada artikel ini kita akan membahas mengenai Kategori Jaringan. Simak penjelasan pada artikel di bawah ini.

Berdasarakan jangkauannya, jaringan dibedakan menjadi beberapa jenis, dari yang sobat dengar sampai yang mungkin belum pernah sobat dengar sama sekali seperti CAN dan MAN. Langsung saja kita ke pembahasan di bawah.

LAN

LAN yang merupakan singkatan dari Local Area Network adalah jaringan yang paling banyak dan umum digunakan. Sesuai dengan definisinya, LAN menunjukkan jaringan "Lokal". Tunggu dulu, apa maksud dari LOKAL? ditempat yang sama? seberapa jauh? apakah maksudnya diruangan yang sama? atau lantai yang sama? atau gedung yang sama?

Definisi LAN memang tidak menyebutkan sampai detil dan jelas mengenai batasan yang ada namun, Sobat bisa menggunakan istilah ini untuk jaringan yang berada pada tempat atau lokasi gedung yang sama yang bisa dijangkau dengan kabel UTP sobat.

CAN

CAN yang merupakan singkatan dari Campus Area Network memang agak jarang terdengar dan jarang pula digunakan namun istilah ini sudah ada sejak lama. Sesuai namanya, jaringan ini digunakan untuk menunjukkan jaringan yang terbentuk yang biasanya bisa sobat temui pada area kampus namun bukan hanya terbatas pada kampus namun. Nah loh, jadi bingung?

Gedung perkuliahan biasanya terdiri atas beberapa gedung yang saling berdekatan dan biasanya nama gedung A, gedung B, atau gedung fakultas mesin, gedung fakultas teknik, dan lain sebagainya. Banyak gedung berdekatan.

Masing-masing gedung ini biasanya meimiliki jaringan LAN-nya masing-mnasing namun jaringan-jaringan ini saling terhubung satu sama lain dan bisa saling berkomunikasi.

MAN

Untuk jaringan dengan cakupan yang lebih luas lagi, ada kategori MAN yang merupakan singkatan dari Metropolitan Area Network. Ini adalah bentuk jaringan yang terbentuk lebih luas lagi, meliputi area-area dalam satu kota. Istilah MAN sama seperi CAN. juga jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

WAN

Jaringan dengan cakupan paling luas dikenal dengan WAN atau  Wide Area Network . Ini adalah jaringan yang menghubungkan berbagai area di muka bumi ini sehingga semua bisa saling berkomunikasi. Bentuk jaringan ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan multinasional atau internasional yang memiliki cabang di berbagai belahan muka bumi ini.


Kesimpulan
Kategori Jaringan dapat diketahui berdasarkan jarak dan lokasi di suatu jaringan tersebut dan seberapa luas kah cakupan jaringan tersebut.


Setelah mengetahui Kategori Jaringan pada pembahasan artikel ini, kita akan lanjutkan pembahasan Topologi Jaringan pada artikel berikutnya.

Terima Kasih Telah berkunjung



@



0 komentar:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Kategori Jaringan