Pengertian Jaringan


Hai sobat jarnkom, di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa itu jaringan? Kenapa jaringan begitu penting bagi semua orang? Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa hal mendasar yang tampak sederhana namun cukup penting untuk pembahasan kita selanjutnya, pada blog jarnkom ini.


Apa itu jaringan? tentu saja, sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai jaringan ini, kita perlu tahu definisi dari sebuah jaringan, jaringan di sini kita bisa samakan dengan istilah network (dalam bahasa inggris ) dan jaringan dalam bahasa indonesia, namun tetap sama saja.

"Jaringan adalah koneksi dimana dua atau lebih peralatan bisa saling berkomunikasi dan bisa saling berbagi sumber daya-nya". 

Anda mungkin berfikir, jaringan adalah kumpulan komputer-komputer seperti yang biasa Anda lihat pada perkantoran namun sebenarnya tidaklah demikian. Untuk saat ini, jaringan komputer sudah sangat umum terdapat pada rumah-rumah pribadi.

Perhatikan saja handphone yang anda gunakan saat ini. Apakah menggunakan Android ? iOS ? Windows Phone ? BB10 ? semua sistem operasi ini, digunakan oleh smartphone yang juga bisa dikategorikan sebagai komputer atau peralatan pintar yang bisa membutuhkan jaringan untuk berbagi sumber daya. Kini apapula sumber daya itu ? Untuk apa di bagi-bagi ? Sumber daya bisa bermacam-macam. Misalnya, Anda memiliki printer di rumah. tentunya Anda ingin agar printer tersebut bisa digunakan oleh semua peralatan yang ada dirumah Anda, handphone, komputer, laptop, komputer PC, Mac dan lain sebagainya. Anda tidak ingin setiap peralatan tersebut menggunakan printernya masing-masing yang tentunya tidak efisien dan membutuhkan biaya tinggi. Hanya dengan jaringan, semua ini bisa terjadi. Lalu apakah sumber daya ini hanya sesuatu yang fisik saja ? Tidak! Sumber daya yang dibagi atau digunakan bersama ini bisa berupa sesuatu yang tidak nyata seperti file yang ada didalam harddisk atau komputer Anda.

"Kesimpulan : Setelah kita membaca artikel di atas kita dapat simpulkan bahwa jaringan itu adalah koneksi dimana dua atau lebih peralatan bisa saling berkomunikasi dan bisa saling berbagi sumber daya-nya, Entah itu Komputer PC, Laptop, Ataupun Handphone Pintar".

Oke Sekian penjelasan mengenai artikel Pengertian Jaringan. untuk lanjut kepembahasan mengenai jaringan dan komputer, setelah anda memahami definisi jaringan, anda dapat membaca artikel Model Jaringan, Kategori Jaringan, serta Topologi Jaringan. Dan berbagai artikel lain pada blog ini,

Terima Kasih.


@



0 komentar:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Pengertian Jaringan